Kita sering mendengar kalimat Sales & Marketing dalam kehidupan sehari hari. Tetapi banyak dari kita tidak mengetahui perbedaannya dan mengira sales dan marketing adalah sama. Bahkan ada pengusaha yang mencampuradukkan fungsi dari kedua bagian.

Lalu apa perbedaan sales dan marketing? Apakah memang sama?. Pada kali ini kami akan membahas Pengertian, Proses kerja, Fungsi, Ruang Lingkup Kerja dan Tujuan dari Sales dan Marketing.

Perbedaan sales dan marketing

Pengertian Sales adalah aktivitas atau bisnis menjual produk atau jasa. Dalam proses penjualan, penjual atau penyedia barang dan jasa memberikan kepemilikan suatu komoditas kepada pembeli untuk suatu harga tertentu. Penjualan dapat dilakukan melalui berbagai metode, seperti penjualan langsung, dan melalui agen penjualan.

Pengertian Marketing adalah aktivitas dan proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum. Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia.

Prioritas & Fungsi

Didalam perusahaan perioritas marketing adalah mendapatkan dan menjangkau konsumen, Serta menajalin hubungan yang baik supaya pelanggan menjadi setia dan royal. Sedangkan Prioritas Sales adalah melayani dan membantu konsumen mendapatkan produk yang sedang dicari. Dari perbedaan tersebut dapat di artikan fungsi sebenarnya sales dan marketing saling berkaitan.

Ruang Lingkup

Didalam perbedaan ruang lingkup kerjanya, Sales memiliki jangka waktu kerja yang pedek (short term) hanya sebatas melakukan transaksi jual beli. Sedangkan Marketing jangka waktu kerjanya panjang (long term) karena harus menjaga hubungan baik dengan konsumen supaya setia dan royal selamanya.

Tujuan

Pebedaan tujuan antara marketing dan sales sangat terlihat. Tujuan marketing adalah menjaga brand image produk atau perusahaan. Sehingga konsumen terus membeli produk karena mengetahui kualitas atau brand produk tersebut. Sedangkan, tujuan sales adalah produk perusahaan laku terjual dan target penjualan yang telah ditetapkan terpenuhi.

Supaya sales dapat melakukan tugasnya dengan baik maka dibutuhkan tim marketing untuk melakukan analisis pasar atau mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen. Sehingga marketing ini merupakan kegiatan dibelakang sales. Mereka yang memikirkan cara promosi, pangsa pasar, identifikasi kelebihan dan kekurangan produk, dan sebagainya. Dengan kata lain, perbedaan sales dan marketing ini adalah marketing bertugas menyiapkan konsep, alat, strategi untuk membuat konsumen tertarik dan sales bertugas melayani para konsumen agar produk laku terjual.

Berikut tadi penjelasan singkat perbedaan marketing & sales. Apakah Sudah paham atau masih bingung? Kalau masih bingung silahkan bisa berkonsultasi kepada kami melalui kontak tertera. Selain konsultan kami juga membatu pelatihan sales & marketing. Baik teknik dan strategi pemasaran sales marketing di era digital.