4 Strategi Mengelola Arus Kas Bisnis Anda

0
44
Mengelola Kas

Bila Anda sering melihat banyaknya bisnis baru yang bermunculan, Maka anda jangan terkejut karena itu fenomena atau ‘tren’ memang saat ini banyak terjadi.

Tetapi sayangnya, tidak banyak bisnis” baru yang mampu mempertahankan bisnisnya dalam beberapa tahun ke depan semenjak bisnis di buka. Hal itu bisa kita lihat manakala 8 dari 10 bisnis gulung tikar dalam satu atau dua tahun pertama dalam perjalanannya. Bangkrut kemudian menjadi kata yang paling populer kemudian.

Yang membuat terkejut adalah berbagai alasan untuk sukses atau berhasilnya didalam sebuah bisnis merupakan alasan yang paling umum dan berulang – ulang terjadi. Salah satu di antara sekian banyaknya alasan yang menyebabkan mereka gagal dalam sebuah bisnis adalah ketidakmampuan dalam mengelola arus kas bisnis.

Demi membekali Anda supaya bisa terus bertahan di dalam pasang surut perkembangan suatu bisnis, berikut ini bebrapa tips bagaimana mengelola arus kas di dalam bisnis yang kedepannya harus terus Anda terapkan.

Strategi Mengelola Arus Kas Bisnis Anda:

  1. Mengelola Arus Kas Bisnis Dengan Melukan Pencatatan yang Rutin dan Jelas
  2. Apabila Anda Memiliki Hutang, Segeralah dilunasi!
  3. Manfaatkan Teknologi Digital Supaya Pembayaran Cepat
  4. Mempersiapkan Dana Darurat atau Dana Cadangan
Mengelola Kas

Mengelola Arus Kas Bisnis Dengan Melukan Pencatatan yang Rutin dan Jelas

Bisnis yang baru di mulai lebih sering melibatkan pemiliknya di dalam menangani urusan-urusan administrasi, khususnya dalam akutansi. Apabila Anda baru membuka usaha maka kemungkinan besar Anda yang bertanggung jawab didalam urusan pencatatan.

Jadi, apabila Anda sebelumnya belum akrab dengan angka, maka belajarlah supaya akrab dengan hal-hal perhitungan angka. Ini penting untuk perkembangan kedepan bisnis Anda, terutama untuk mengelola arus kas bisnis.

Mengelola arus kas bisnis Anda yaitu dengan melakukan pencatatan yang rutin dan jelas. Anda bisa menggunakan aplikasi seperti Microsoft Excel, Google Spreadsheet atau seperti buku akutansi yang pastinya sangat bisa membantu Anda dalam meringkas arus kas bisnis.

Setiap Anda melakukan pengeluaran anggaran seperti kepentingan produksi atau biaya operasional bisnis, masukkan segera ke catatan Anda.

Baca Juga: Mengenal 5 Komponen Utama dalam Manajemen Keuangan

Selain berguna untuk melacak bagaimana performa arus kas bisnis Anda dari waktu ke waktu, Supaya nanti Anda juga bisa melihat kembali keuangan bisnis anda. Sehingga Anda mampu menggunakannya untuk membuat rencana perkembangan bisnis ke depannya nanti, sesuai dengan anggaran.

Pastikan anda mencatat setiap biaya pengeluaran dan pemasukan di bisnis Anda dengan rapi dan jelas. Yakinlah, langkah akan sangat membantu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here