Apabila Anda Memiliki Hutang, Segeralah dilunasi!

Bila Anda merupakan salah satu dari sekian banyaknya pebisnis yang baru saja memulai bisnis, Anda mungkin akan meminjam uang dari rekan atau dari bank untuk modal awal bisnis Anda.

Namun terlepas dari pengaruh negatif atau positif, hutang mungkin akan memberikan pengaruh di dalam arus kas Anda.

Maka tentu akan sulit mengelola keuangan bisnis ketika dalam waktu satu bulan Anda harus menyisihkan uang untuk membayar hutang serta mengembangkan bisnis sekaligus.

Baca Juga: Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Naik dan Turunnya Harga Emas

Apabila Anda memang memiliki hutang, maka segera lunasi hutang-hutang tersebut agar Anda bisa menjadi lebih fokus untuk mengembangkan bisnis.

Maka arus kas Anda pun lebih teratur dan jelas penggunaannya di dalam bisnis. Dan pastinya, itu akan menjadi lebih produktif di dalam memajukan bisnis Anda.

Manfaatkan Teknologi Digital Supaya Pembayaran Cepat

Anda Harus memberikan metode pembayaran mudah untuk para pelanggan Anda. Lupakan pembayaran yang tradisional seperti cek, transfer bank, atau giro dan mulailah dengan manfaatkan metode pembayaran seperti mobile banking, kartu kredit, internet banking, Paypal atau bahkan virtual account.

Baca Juga: Jenis Peluang Bisnis Kerajinan Tangan Yang Menguntungkan

Bila Anda menggunakan metode pembayaran dari pihak ketiga, yang rata-rata menyediakan link untuk memberi akses pembayaran, Anda bisa menyematkan link pembayaran di faktur/invoice atau bisa lewat email yang memungkinkan pelanggan bisa melakukan pembayaran melalui link tersebut.

Baca Juga: Konsep Manajemen Pemasaran di Era Digital

Dengan semakin cepat pembayaran dilakukan pelanggan Anda, maka akan semakin cepat pula uang masuk ke rekening Anda. Dengan demikian semakin lancar pula arus kas bisnis Anda. Dengan begitu, perkembangan bisnis anda pun bisa semakin ditingkatkan.

Mempersiapkan Dana Darurat atau Dana Cadangan

Apabila di dalam bisnis Anda belum mempunyai dana darurat, maka mulailah anda mempersiapkan dana darurat untuk bisnis. Kedepan akan banyak sekali kendala yang mungkin terjadi selama pengembangan bisnis anda, dan kendala itu mungkin akan berdampak terhadap arus kas secara keseluruhan.

Baca Juga: 6 Langkah Menikmati Hidup Sederhana dan Tidak Berlebihan

Seperti, apabila Anda berbisnis di pakaian dan terjadi kebakaran di gudang Anda, sedangkan tinggal sebentar lagi musim penjualan tinggi. Makan bagaimana Anda bisa memulihkan bisnis Anda? Oleh karena itu dana cadangan/darurat tentu akan sangat membantu, bukan?

Siore Indonesia adalah Perusahaan swasta yang bergerak di bidang Teknologi Informasi, Konveksi dan Pelatihan Ketrampilan